Minggu, 24 September 2017

Gulungan Kabel



Gulungan Kabel atau biasa disebut “Haspel” merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menggulung kabel, wire rope, dan semacamnya. Haspel umumnya digunakan pada pabrik kabel dan wire rope yang fungsi utamanya digunakan untuk menggulung wire rope / kabel tersebut agar kabel dapat didistribusikan dan dibawa pindah lokasi dengan rapi. Bertepatan dengan pertumbuhan pembangunan di dunia saat ini, kebutuhan akan gulungan kabel export semakin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini adalah momentum bagi produsen gulungan kabel  yang menggunakan bahan baku kayu sebagai material. Beberapa Negara yang bergerak di industri pembangunan khususnya produksi kabel, tentu saja membutuhkan pasokan gulungan kabel atau haspel, karena gulungan kabel adalah produk penunjang untuk produksi kabel mereka.

Ukuran, diameternya, ketebalan, model, dan material dari gulungan kabel sangat bermacam macam, dan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Haspel umumnya digunakanpada pabrik kabel dan wire rope yang tujuannya digunakan untuk menggulung wire rope / kabel tersebut agar dapat didistribusikan dengan rapi.

Material dari Haspel ini pun berbeda-beda sesuai dengan kegunaan atau fungsinya. Untuk materialnya sendiri adalah sebagai berikut :
  •  Haspel dengan Material Kayu
Di lingkungan industri, produk yang terbuat dari material atau bahan kayu, sudah menjadi salah satu barang wajib yang harus ada. Dengan fungsinya yang sangat beragam. kayu menjadi kebutuhan utama yang harus ada di beberapa area sebuah industri. Dengan adanya material kayu, maka proses distribusi produk dari tempat satu ke tempat yang lain akan jadi semakin mudah. Juga dengan kapasitas kayu yang cukup besar, memudahkan kita untuk memindahkan barang hasil produksi ataupun material pendukung sebuah produk menjadi lebih cepat, rapi, efektif, dan efisien.

  • Haspel dengan Material Plastik



Di industri elektronik dan elektronika, semisal kabel, keberadaan Haspel atau gulungan kabel merupakan salah satu produk penting dalam kemasan mereka. Seperti yang sudah dijelaskan diatas, Haspel dapat dibuat dari beberapa ukuran dan bentuk. Misalnya haspel kayu untuk kabel tembaga, ukurannya tidak terlalu besar. Berbeda jika dibandingkan dengan haspel  untuk kabel distribusi tegangan tinggi misalnya, ukurannya bisa hingga sekian meter. Bahan plastik dipilih untuk material haspel karena bahan plastik adalah bahan yang paling gampang untuk direkayasa (dibentuk).
  •  Haspel dengan Material Besi



            Gulungan kabel dari material besi dibuat karena material besi mempunyai sangat banyak manfaatnya dalam industri pembangunan. Dan yang paling essensial adalah karena besi mempunyai nilai ekonomis yang sangat tinggi sehingga banyak industri menjadikan besi sebagai lahan bisnis dan membuat berbagai macam produk dari material besi, salah satunya adalah gulungan kabel. kita tahu bahwa sebagian besar kegunaan material besi, paling banyak digunakan dalam dunia konstruksi. Banyak unsur - unsur material yang digunakan dalam dunia konstruksi berbahan dasar besi karena kekuatan besi yang telah dimodifikasi lebih banyak menguntungkan dan bermanfaat bagi industri konstruksi yang membutuhkan ketahanan dalam waktu yang lama.


  • Haspel dengan Material Gabungan ( Besi & Kayu )



            Haspel dengan material gabungan ini dibuat untuk memenuhi standar tertentu yang memang disesuaikan untuk spesifikasi dan fungsi tertentu.

Ketika sudah tidak dipakai lagi, limbah gulungan kabel dapat juga digunakan untuk membuat beberapa benda atau perabot rumah yang cukup kreatif. Diantaranya malah memiliki nilai jual yang lumayan tinggi, beberapa produk yang dibuat dari limbah gulungan kabel bisa dilihat dibawah ini:

1. Kursi santai

2. Meja Gulungan Kabel
 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar